Rabu, 14 Desember 2011

teknik konselling

dialog antara konselor dengan klien dengan tema ketidak harmoniisan dalam keluarga

Klien : " bagaiman ya Pak, kenapa kok akhir-akhir ini saya merasa kurang harmonis dalam kehidupan rumah

tangga

Konselor : " Maaf Mba, boleh saya tau kurang nyamannya bagaimana yang anda rasakan ,,? "

Klien : " Saya merasakan setelah berumah tangga tidak seperti masa-masa seperti waktu pacaran dulu..

semasa pacaran dulu yang saya kenal suami saya orangnya penyabar penuh perhatian dan pengertian tapi tidak tahu kenapa setelah menikah saya merasakan dia berubah, sekarang dia sering marah-marah tanpa ada alassan yang jelas dan hal yang selpel pun kadang menjadi permasalahan yang besar."

konselor : " Oh.. begitu ..."

sebaiknya anda, mengajak bicara dengan suami anda dengan baik-baik dan memilih waktu yang tepat untuk.. coba tanyakan kepada suami anda tersebut, kenapa dia akhir- akhir ini jadi berubah tanpa ada alasan yang jelas...

Klien : “ ooooww begitu ya pak ?”.. ya besok saya akan coba lakukan

masukan dari bapak tersebut...”

Konselor : “ ya, baik mba apabila besok anda sudah menanyakannya,terus anda

belum menemukan solusinya anda boleh berkonsultasi dengan saya

lagi, dalam hal ini kami sebagai konselor hanya bisa memberikan

alternatif solusi dari permasalahan anda tersebut, selebihnya anda sendiri yang memecahkan masalahnya, begitu”...

Klien : “ iya pak, terimakasih atas solusi dan saran yang bapak berikan

kepada saya”...

Konselor : “ Iya sama- sama, terima kasih kembali, mudah-mudahan masalah anda

dapat terselesaikan dengan baik antara kedua belah pihak, dan

hubungan suami anda dengan anda dapat kembali harmonis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar