Jumat, 16 Desember 2011

contoh dialog tekhnik BK Dialog



Dialog antara konselor (guru) dengan klien (murid) dengan tema masalah nilai dalam pelajaran Biologi

Suatu hari seorang Guru BK SMA yang sedang berada di Ruang Guru menerima seorang siswanya
Pelaku
Verbal/ Non Verbal
Tekhnik
Klien

Konselor










Klien                                                        








konselor



Klien








Konselor


Klien


Konselor




Klien




Konselor





Klien

Konselor








Klien




Konselor

Klien


Konselor

Klien 

konselor

klien



konselor




konselor




konselor
(tok-tok-tok) Assalamualaikum, selamat siang Pak,
(Agak sedikit terkejut) : Selamat siang.. (sambil memandangi siswa dihadapannya yang tampak lusuh, matanya merah, rambutnya agak awut-awutan, pandangannya cenderung membuang muka, pakaian tidak rapih )... ada apa mas, .. kok seperti ada sesuatu yang kamu fikirkan.
(Pandangannya semakin tertunduk, dengan tampak terpaksa ia mematuhi perintah Wali Kelas) Pak saya mau matur...

Hayo maturo,.. jangan malu-malu... gak usah keras-keras. Nanti kedenger yang lain
Ya Pak (sambil menarik wajahnya ke dalam, tangannya semacam ngapu rancang tapi memutar-mutar ibu jarinya. Sementara kedua kakinya saling digesek-gesekan)... Hasil ujian Biologi saya jelek Bu, padahal saya sudah belajar mati-matian.
(Dengan suara lembut)... Ooo.. itu to masalahmu...
(Seperti was-was. Wajahnya masih tertekuk),Ya Bu....
“Saya dapat merasakan bagaimana perasaan anda”
Menurut kamu apa sih yang sullit dalam pelajaran Biologi...
Eee... (Tampak ragu)..sebenarnya saya kurang menyukai pelajaran Biologi Pak...

Barang kali anda merasa banyak pikiran saja, Nanti juga kamu akan senang sendiri pada pelajaran biologi. Suka main PS gak...

Suka Pak…

Coba kamu kurangi main PS nya, trus cari buku-buku biologi yg banyak gambarnya, kamu amati gambar-gambarnya




Saya berusaha mempelajari biologi dengan mengikuti belajar kelompok yang selama ini belum pernah saya lakukan

Biasanya anda belajar kelompok dengan siapa?
Dengan teman yang lebih pintar pelajaran biologi…

Sekarang apa sudah ada perubahan?
belum pak…

“lalu”

Orang tua saya selau memarahi saya,gara –gara nilai biologi jelek terus.

“bisakah anda mencobakan di depan saya bagaimana sikap dan kata-kata orang tua saudara jika memarahi anda”

Rupa nya kamu terbebani sekali ya, gara-gara nilai biologi jelek orang tua kamu jadi ikut memarahi kamu

“saya dapat memahami apa yang kamu rasakan saat ini sebenernya banyak teman kamu juga pernah mengalami apa yang kamu alami. Kuatkan diri kamu,yakin kamu pasti bisa melaluinya”


Attending




















Attending











Attending





Empati Primer

Eksplorasi Pikiran








Refleksi Perasaan






Paraprashing












Bertanya tertutup



Bertanya tertutup



Dorongan minimal







Mengarahkan (directing)




Refleksi




Penguatan faktual


Tidak ada komentar:

Posting Komentar